0
Dikirim pada 06 Juli 2009 di Hadits Hari Ini


 

# Dari Abdullah bin Sunabih, dia berkata, "Abu Muhammad menyangka bahwa shalat witir itu hukumnya wajib. " Maka Ubadah bin Shamit berkata, Abu Muhammad telah berdusta, aku bersaksi bahwa aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, Ada lima shalat yang telah diwajibkan oleh Allah, barangsiapa yang memperbaiki wudhunya, dan mengerjakan shalat tepat pada waktunya, menyempurnakan ruku dan khusyuknya, maka dia mendapatkan janji Allah, yaitu akan mengampuni (dosanya). Dan barangsiapa yang tidak mengerjakan demikian, maka tidak ada janji Allah baginya, yakni, jika berkehendak maka Dia akan mengampuninya dan jika berkehendak, maka akan menyiksanya. " (Shahih)


 

# Dari Ummu Farwah, dia berkata, "Rasulullah SAW ditanya apakah perbuatan yang paling afdhal?" Rasulullah SAW menjawab, "Mengerjakan shalat pada awal waktunya. " (Shahih)


 

# Dari Umarah bin Ruaibah,dari bapaknya, dia berkata, "Dia pernah ditanya oleh seorang laki-laki dari penduduk Bashrah, katanya, Beritahukanlah kepadaku apa yang anda dengar dari Rasulullah SAW?" Umarah berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, Tidak akan masuk ke dalam neraka seseorang yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam." Kata orang tersebut, "Kamu mendengarnya dari beliau SAW? -ia bertanya tiga kali-." Jawab Umarah, "Ya", semua itu beliau SAW sabdakan, kedua telingaku mendengarnya dan hatiku dapat mengerti dan menangkapnya. "Maka laki-laki itu berkata, Saya pun mendengar Rasulullah SAW menyabdakan demikian. "(Shahih: Muslim)


 

# Dari Fadhalah, dia berkata, "Rasulullah SAW telah mengajariku, diantara yang beliau ajarkan, yaitu: "Dan peliharalah shalat lima waktu " Katanya, "Aku berkata, Sesungguhnya dalam saat-saat ini, aku mempunyai banyak kesibukan, karena itu, perintahkanlah kepadaku suatu perintah yang mencakup semuanya, yakni kalau saya melaksanakannya, sudah memadai bagiku." Maka beliau SAW bersabda, "Peliharalah dua Ashar ini (pada awal waktunya)!" Sabda beliau itu bukan bahasa kami (kami tidak faham), maka aku berkata, "Apakah dua Ashar itu? " Maka beliau SAW bersabda, "Shalat sebelum matahari terbit (Subuh) dan shalat sebelum matahari terbenam (Ashar). " (Shahih)


 

# Dari Abu Darda, dia berkata, "Rasulullah saw bersabda, Ada lima perkara, barangsiapa menunaikannya dengan dasar iman, dia akan masuk surga, Yaitu: 1. Orang yang menjaga shalat lima waktu, dengan wudhunya, rukunya, sujudnya, dan waktu-waktunya. 2. Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. 3. orang yang menunaikan haji ke Baitullah, jika dia mampu melaksanakannya, 4. Orang yang mengeluarkan zakatnya dengan hati yang bersih (ikhlas), dan 5. Orang yang menunaikan amanah." Orang-orang berkata, "Hai Abu Darda! Apa yang dimaksud dengan menunaikan amanah itu? " Jawab Abu Dzar, "Mandi karena junub. " (Hasan)


 

# Dari Abu Qatadah bin Ribi, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, Allah berfirman, "Sesungguhnya Aku telah mewajibkan atas ummatmu lima kali shalat, dan aku pula telah mengikat janji, yaitu: Barang siapa memeliharanya tepat pada waktunya, maka aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya, maka tidak ada ikatan baginya dengan-Ku." (Hasan)


 

[Dikutip dari Shahih Sunan Abu Daud 1/172-175 - Bab Shalat - Menjaga waktu shalat]




Dikirim pada 06 Juli 2009 di Hadits Hari Ini
comments powered by Disqus


connect with ABATASA